Friday, January 9, 2015

Artikel E-Government Depok

E-Government merupakan kependekan dari elektronik pemerintah. E-Governtment biasa dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah atau pemerintah transformasi.  E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Atau E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Di daerah Depok sudah di terapkan e-goverment untuk mencapai keuntungan. Dengan memberikan layanan melalui website dengan url http://www.depok.go.id/en/  dengan tampilan lengkap
  
Web ini memiliki banyak fitur yang mendukung untuk pelayanan public atau sebagai wadah informasi untuk warga depok setempat.memiliki banyak menu untuk memberikan informasi kepada warganya. Layanannya diantaranya

1.     Kota depok memberikan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan. Informasi di dalam web terdiri dari
-         Berita Kota depok
Untuk memuat berita tentang aktivitas dari peperintahan depok
-         Arsip berita
Untuk benberikan informasi tanggal agenda kegiatan peperintahan kota Depok
-         Kesehatan
Untuk memberikan informasi penyuluhan tentang kesehatan kepada warga Depok
-         Pendidikan
Untuk memberikan informasi tentang perkembangan pendidikan yang ada di kota Depok
-         Tenaga kerja
Untuk memberikan informasi ketenaga kerjaan kota depok yang berisikan seputar kepegawaian seperti penerimaan cpns dll
-         Sosial
Untuk memebrikan sosialisasi tentang pendekatan pemerintah terhadap warga kota Depok
-         Kependudukan
Untuk memebrikan informasi kependudukan kota Depok
-         Infrastruktur
Untuk memberikan Informasi Infrastruktur yang sudah di bangun terhadap kota Depok
-         Lingkungan
Untuk memuat gambaran informasi lingkungan Kota Depok
-         Ekonomi
Untuk Memuat Berita perekonomian Kota depok agar lebih transparan
-         Pariwisata
Memebrikan informasi kota pariwisata dan kebudayaan yang ada di kota Depok
-         Info Umum
Berisikan informasi umum seperti sejarah kota depok,geografis,ikon, lambang, penghargaan, daftar nomor penting, kas kota depok,


Melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya.

2.  Kota Depok juga memberikan Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak. Dengan di adakanya fitur yang berada di website yaitu pengumuman lelang. Pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.

3.   Pemberdayaan Website untuk Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi     pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar. Kota depok memberikan layanan aduan dan juga kritik saran yang bisa langsung di kirim melalui email.

4.     Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang   dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintan.  Selain tampilan dan paduan warna yang menarik, informasi-infromasi yang disajikan sangatlah lengkap dan up to date.

5. Kota depok juga telah menerapkan konsep e-procurement untuk memberikan keterbukaan tentang pengadaan projek pemerintah yang bisa di akses melalui url: http://lpse.depok.go.id/eproc/ di dalamnya terdapat banyak informasi tentang lelang.

6.   Monitoring intansi yang mencakup pemerintahan dalam struktur kedaerahan meliputi kecamatan, kelurahan dll.

7. Kota depok juga menerapkan radio online yang bisa di akses melalui url : http://radio.depok.go.id:8000/ untuk memanjakan warganya dalam sector hiburan.

8.     Kota depok juga menerapkan mobility sebagai ketertarikan warga untuk memasang aplikasi yang berbasis os android, blackberry dan nokia yang bisa di unduh melalui url : http://www.depok.go.id/en/interaksi/depok-mobile-applications


9.     Kota depo juga memanfaatkan jejaring social untuk mendekatkan diri terhadap selera warga sebagai penikmat media social twitter.

Link E-Government : http://www.depok.go.id/en/