Thursday, February 23, 2012

Robot berperan sebagai anak (Aimec)





Ketika orang tua tak memiliki anak yang ia asuh terkadang kurang lengkap dan merasa kesepian namun lain hanya dengan sepasang suami istri asal Inggris. Dengan latar belakang sebagai pembuat mainan, Tonny Ellies dan istrinya, Judie telah menciptakan sebuah robot rumah yang berperan menjadi anak asuh mereka agar tak terasa sepi dan jenuh ketika harus dirumah.


"Temui keluarga abad 21," kata pria berusia 54 tahun itu sambil menepuk bahu robot Aimec.
Aimec adalah robot sebagai anaknya dengan tinggi sekitar 120 cm.

Aimec atau Artficially Intelligent Mechanical Electronic Companion 3 ini memang diciptakan dengan sikap seperti manusia. Bahkan ia cukup pintar untuk membuat lelucon yang membuat perut tergelitik, mendengkur ketika saat tidur dan menggeliat ketika bangun (layaknya kebiasaan manusia pada umumnya). Tak hanya itu, robot ini terhubung dengan internet melalui konektivitas nirkabel yang memungkinkannya mencari hal yang tidak ia mengerti jadi dengan otomatis ia mencari informasi yang ia butuhkan.

Ia juga terhubung dengan peralatan rumah tangga sehingga bisa menyalakan televisi, lampu dan segala barang elektronik lainnya (wah sangat keren robot satu ini untuk menemani kita dirumah).

Selain bisa mendeteksi suara, Aimec dengan satu matanya mampu berjalan di atas roda sesuai peta rumah ataupun mengikuti seseorang.


Ellis yang telah lama menciptakan mainan mekanik dan digital yang telah dinikmati jutaan anak di seluruh dunia ini berharap prototipe Aimec bisa menjadi robot komersial pertama yang terjangkau dan bermanfaat di rumah.

"Sepuluh tahun lagi setiap rumah akan memiliki robot. Mereka akan membantu memotong rumput, memasak, membersihkan rumah dan pekerjaan lainnya," tutup Ellies sambil mengatakan robotnya akan tersedia di toko-toko dengan harga sekitar USD 256 atau sekitar Rp 2 jutaan. 

  

1 comment:

  1. hehehehe..........enak juga kalau gt kgak perlu ngurus makan and pendidikannya heheh

    ReplyDelete