PROPOSAL PROYEK
SISTEM
KUESIONER ONLINE TERHADAP PEMAKAIAN E-BANKING
1.1 LATAR BELAKANG
Kuesioner adalah suatu teknik pengumpulan informasi yang
memungkinkan analis mempelajari sikap-sikap, keyakinan, perilaku, dan
karakteristik beberapa orang utama di dalam organisasi yang bisa terpengaruh
oleh sistem yang diajukan atau oleh sistem yang sudah ada. Dalam pengunaannya
kuesioner berbentuk dokumen fisik yang berisikan soal pertanyaan seputar opsi -
opsi pilihan yang di ajukan guna pengambilan data dan juga kriteria - kriteria
tertentu untuk menghasilkan sebuah informasi yang bisa sebagai acuan analisa
sistem penunjang keputusan.
Namun melihat
dalam pengunaannya kuesioner diterapkan dengan menyebarkan kuesioner kepada
pihak informan dengan melakukan kunjungan kelapangan secara langsung hal ini
tentunya tidak efisien dan efektif karean memakan waktu, tenaga dan biaya cetak kertas, maka dari itu di
ajukanlah sebuah sistem untuk pengambilan data kuesioner yang lebih efisien dan
efektif dengan pemanfaatan teknologi informasi di dalam media internet untuk
penyebaran formulir kuesioner berbasis website secara online.
Menanggapi kasus ini pengelolaan
sebuah proyek teknologi informasi sangat berbeda dengan pengelolaan
proyek-proyek pada umumnya karena merubah sistem manual ke dalam sistem yang terkomputerisasi. Hal ini
dikarenakan IT memiliki hubungan yang sangat luas dan terikat dengan
kemajuan teknologi yang sangat cepat dewasa ini. Di dalam dunia IT para
pekerja, seperti: programmer, system analyst, designer dan administrator,
menghadapi berbagai kendala dalam menjalankan fungsinya. Hal
ini dikarenakan antara lain: perubahan sudut
pandang strategi pengambilan data kuesioner, kompatibilitas perangkat keras,
pilihan perangkat lunak yang beraneka ragam, masalah pengamanan data,bandwith
jaringan komputer, tingkah laku para pengguna akhir dan pekerja lainnya serta
kebijakan-kebijakan dari eksekutif perusahaan.
Semua permasalahan di atas
membuat pengelolaan proyek IT menjadi sangat kompleks
dan rentan terhadap kegagalan. Maka dari
itulah kami sebagai IT Consultant ingin menawarkan jasa kepada Bank yang mana bertindak sebagai mitra dan costumer kami untuk membantu design
infrastruktur dan implementasi aplikasi kuesioner online yang nantinya berguna
untuk meningkatkan kinerja perusahaan menjadi lebih baik.
1.2 RUANG LINGKUP (SCOPE) PROYEK
Adapun ruang lingkup dari sistem kuesioner online terhadap pemakaian
e-banking adalah:
- Pengambilan sempel costumer terhadap
pemakaian e banking untuk melihat perputaran uang giral sebagai pemakaian
transaksi jual beli melalui media elektronik .
- Pemakaian aplikasi mengunakan website yang
membutuhkan koneksi jaringan.
- Reporting hasil kuesioner berupa
grafik tipe donat, line dan batang.
- Pengambilan keputusan terhadap data
kuesioner mengunakan ilmu statistika yang berlaku untuk pengambilan sempel
data nilai rata-rata.
1.3 TUJUAN PROYEK
Tujuan dari suatu pengajuan proyek ini adalah sebagai
berikut :
1.
Pengimplementasian
monitoring kepuasan costumer bank dalam pemakain e-banking sebagai media
pembayaran elektronik.
2.
Penerapan
website untuk mempercepat mengambil data dari costumer melalui isian form
kuesioner secara online.
3.
Pembuatan
aplikasi kuesioner online berbasis website dengan pelaporan data mengunakan
reporting xml untuk mempermudah analisa data costumer pengunaan e banking .
1.4 FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN
Dalam pengajuan proyek ini
adapun factor – factor pendukung keberhasilan sebagai berikut
- Adanya sumber daya manusia yang
profesional untuk pengimplementasian proyek
- Metode yang di gunakan dalam
pengambilan data sudah terbukti keberhasilannya.
- Banyaknya pemakaian internet sebagai media pelaporan data yang cepat.
1.5 DESKRIPSI PROYEK
"SISTEM
KUESIONER ONLINE TERHADAP PEMAKAIAN E-BANKING”
Metodologi Pengerjaan
1
Analisa Permasalahan
Analisa dilakukan untuk mendapatkan pokok
permasalahan yang ingin dipecahkan berdasarkan pembahasan mengenai sasaran
pemakai aplikasi ketika selesai dibuat.
2
Perancangan aplikasi
Pada tahap ini dilakukan perancangan dimulai
dengan menentukan aplikasi pembantu yang akan digunakan dalam membuat aplikasi
ini. Selanjutnya menentukan perancangan tampilan untuk setiap form pada
aplikasi yang dibuat.
3
Pembuatan Aplikasi
Dalam hal ini dibutuhkan tenaga ahli untuk membuat
skrip yang akan di implementasikan.
4
Implementasi
Implementasi dilakukan setelah rancangan program
telah terbentuk. Pada tahap ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan
aplikasi secara spesifik yaitu dalam hal pemrograman dan penjelasan logika dari
program itu sendiri.
5 Uji
Coba Aplikasi
Setelah aplikasi selesai dibuat, perlu dilakukan
sebuah uji coba untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kesalahan yang tak
terduga saat perancangan aplikasi. Proses uji coba dilakukan pada aplikasi yang
telah selesai mendapatkan implementasi script program.
6
Pengaplikasian dan perawatan
Setelah selesai melakukan uji coba dalam ruang
lingkup kami, maka akan dilakukan uji coba lapangan dengan mengaplikasikan
program ke dalam lingkup kustemer.
1.6 RINCIAN BIAYA
(Dalam
satuan jutaan rupiah)
|
BULAN 0
|
BULAN 1
|
BULAN 2
|
BULAN 3
|
1.
BIAYA PENGADAAN
|
|
|
|
|
a.
BIAYA PEMBELIAN PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
|
|
|
|
|
-
SERVER
|
Rp 316.000
|
Rp 54.000
|
Rp 0
|
Rp 0
|
-
SOFTWARE
|
Rp 54.000
|
Rp 0
|
Rp 0
|
Rp 0
|
-
FIREWALL
|
Rp 64.700
|
Rp 0
|
Rp 0
|
Rp 0
|
-
JARINGAN
|
Rp 16.137
|
Rp 0
|
Rp 0
|
Rp 0
|
TOTAL
BIAYA PEMBELIAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
|
Rp 450.837
|
Rp 54.000
|
Rp 0
|
Rp 0
|
b.
BIAYA TENAGA KERJA
|
Rp 50.000
|
Rp 0
|
Rp 0
|
Rp 0
|
TOTAL BIAYA
PENGADAAN
|
Rp 500.837
|
Rp 54.000
|
Rp 0
|
Rp 0
|
2.
BIAYA PROYEK
|
`
|
|
|
|
A.
BIAYA TENAGA AHLI
|
|
|
|
|
-
PROYEK MANAGER
-
(PERORANG X 4.000)
|
Rp 0
|
Rp 4.000
|
Rp 4.000
|
Rp 4.000
|
-
ANALISIS
-
(PERORANG X 3.500)
|
Rp 0
|
Rp 3.500
|
Rp 0
|
Rp 0
|
-
PROGRAMMER
-
(PERORANG X 3000)
|
Rp 0
|
Rp 3.000
|
Rp 3.000
|
Rp 3.000
|
TOTAL BIAYA PROYEK
|
Rp 0
|
Rp 10.500
|
Rp 7.000
|
Rp 7.000
|
B.
TAHAPAN ANALISIS SISTEM
|
|
|
|
|
-
BIAYA PENGUMPULAN DATA
|
Rp 1.500
|
Rp 0
|
Rp 0
|
Rp 0
|
-
BIAYA RAPAT
|
Rp 1.000
|
Rp 1.000
|
Rp 1.000
|
Rp 1.000
|
TOTAL BIAYA ANALISIS SISTEM
|
Rp 2.500
|
Rp 1.000
|
Rp 1.000
|
Rp 1.000
|
C.
TAHAPAN DESAIN SISTEM
|
|
|
|
|
-
BIAYA PEMBUATAN SISTEM
|
Rp 0
|
Rp 5.000
|
Rp 0
|
Rp 0
|
TOTAL BIAYA DESAIN SISTEM
|
Rp 0
|
Rp 5.000
|
Rp 0
|
Rp 0
|
D.
TAHAP PENERAPAN SISTEM
|
|
|
|
|
-
TAHAP UJI COBA
|
Rp 0
|
Rp 1.000
|
Rp 500
|
Rp 500
|
-
MAINTENANCE
|
Rp 0
|
Rp 0
|
Rp 1.000
|
Rp 1.000
|
TOTAL BIAYA
PENERAPAN SISTEM
|
Rp 0
|
Rp 1.000
|
Rp 1.500
|
Rp 1.500
|
TOTAL BIAYA PROYEK
|
Rp 2.500
|
Rp 17.500
|
Rp 9.500
|
Rp 9.500
|
3.
BIAYA OPERASI
|
|
|
|
|
a.
BIAYA PERSONIL (OPERATOR, ADMINISTRASI)
|
Rp 0
|
Rp 5.000
|
Rp 5.000
|
Rp 5.000
|
b.
BIAYA OVERHEAT (LISTRIK, INTERNET)
|
Rp 0
|
Rp 6.000
|
Rp 6.000
|
Rp 6.000
|
c.
BIAYA PERAWATAN PERANGKAT KERAS
|
Rp 0
|
Rp 3.000
|
Rp 3.000
|
Rp 3.000
|
TOTAL BIAYA
OPERASI DAN PERAWATAN
|
Rp 0
|
Rp 14.000
|
Rp 14.000
|
Rp 14.000
|
|
|
|
|
|
TOTAL BIAYA
KESELURUHAN
|
Rp 503.337
|
Rp 85.500
|
Rp 23.500
|
Rp 23.500
|
1.7 JADWAL PROYEK
Deskripsi task dan perkiraan waktu yang
dibutuhkan.
No
|
Deskripsi Tugas / Pekerjaan (Task)
|
Durasi (Hari Kerja)
|
Mulai
|
Selesai
|
1.
|
Analisa Dan Pengambilan
Data
|
|
|
|
1.1
|
Survey ke lapangan
|
3 hari
|
|
|
1.2
|
wawancara
|
5 hari
|
|
|
1.3
|
Pengumpulan Berkas
|
5 hari
|
|
|
2.
|
Perancangan Dan Desain
System
|
|
|
|
2.1
|
Pembuatan Desain Database
|
4 hari
|
|
|
2.2
|
Pembuatan Perancangan system
|
3 hari
|
|
|
3.
|
Pembuatan Aplikasi
|
|
|
|
3.1
|
|
|
|
|
3.2
|
|
|
|
|
3.3
|
|
|
|
|
|
.
|
|
|
|
|
.
|
|
|
|
|
.
|
|
|
|
|
.
|
|
|
|
N.
|
Task-N
|
|
|
|
1.8 STRUKTUR ORGANISASI PROYEK
Project Manager
|
Uki Prastowo
|
Project Leader
|
Intan Ratu Kirani
|
Programmer Design System
|
Ridho Satria
|
Programmer Software Engineer
|
Dyan Aulia Purwana
Fajar Maulana Sidik
|
1.9 PENUTUP
Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan
untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk mengembakan aplikasi “SISTEM KUESIONER ONLINE TERHADAP PEMAKAIAN
E-BANKING”. Kami sangat mengharapkan paket layanan yang kami tawarkan ini
bisa bermanfaat secara optimal sesuai dengan harapan bersama.
cara downlodna gmn gan
ReplyDelete