Friday, February 10, 2012

Teknologi terbaru dalam dunia Biologi (jantung buatan)




Ketika gue lagi baca-baca tentang artikel kesehatan eh gue nemuin tuh artikel keren, tentang perkembangan Teknologi di bidang kedokteran. Sangat mengetujutkan teknologi biologi yang satu ini. Yaitu pembuatan jantung bauatan ada motor berputar bahan dari fiberglass silikon dan dakron. Yang bisa bekerja seperti hanya jantung manusia asli dengan memompa darah ingin tau lebih lanjut beritanya silahkan anda baca artikelnya:
Para dokter di Texas sudah melakukan uji pada jantung lemah dengan memasukkan turbin putar untuk menjaga aliran darah untuk pertama kalinya pada manusa.


Alat itu ditanamkan kepada pasien Craig Lewis yang divonis akan meninggal dalam 12 jam yang akan datang.  Setelah operasi menerima alat baru yang menggantikan fungsi jantungnya. Mesin itu bekerja secara sempurna,sehingga dia bisa bertahan hidup lebih dari sebulan secara efektif tanpa denyut jantung.
Pasien usia 55 tahu itu dipilih sebagai percobaan setelah sakit yang dideritanya kian parah karena amyloidosis, suatu kondisi dimana penumpukan protein menyumbat jantung sehingga jantung berhenti bekerja dengan baik.
Setelah mendapatkan persetujuan dari istrinya, Linda, barulah dokter mulai memasang alat itu. “Anda tidak pernah tahu berapa banyak waktu yang anda punya tapi hal itu sangat berharga sekali,” kata Linda menjelaskan alasan ia menyetujui pemasangan alat itu.



Gambar jantung yang sudah terpasang di tubuh Craig Lewis melalui sinar-X



Setelah jantung buatan itu dipasang, Lewis bangun menunjukkan tanda-tanda membaik, bisa duduk dan bicara. Sayangnya, Lewis akhirnya meninggal 5 minggu kemudian karena mengalami kondisi yang buruk karena ada gangguan pada organ ginjal dan hatinya.
Tim ahli jantung dari Texas Heart Institute yakin bahwa alat itu dapat mengganti keberadaan jantung buatan yang aus sehingga menyebabkan pembekuan darah.
Peralatan itu terbuat dari berbagai bahan termasuk diantaranya fiberglass, silikon dan dakron dan bergantung pada dua rotor yang berputar untuk mengalirkan darah secara terus menerus di dalam tubuh.
penemu alat itu Dr Billy /cohn dan Dr Bud Frazier telah melakukan tes terhadap 38 anak sapi sebelum diuji coba pada manusia.
Ny lewis mengatakan “Saya mendengar ada suara mendengung yang menakjubkan meski detak jantungya sudah tidak berdetak lagi”.



Ternyata tak hanya texsas sob yang meneliti jantung buatan itu dokter dari Perancis juga membuat jantung buatan tersebut.


Para peneliti di Perancis telah berhasil membuat sebuah jantung buatan dari bahan plastik yang dapat berdetak layaknya sebuah jantung asli.”Jantung Plastik” ini menggunakan sensor elektronik untuk mengontrol detak jantung dan juga aliran darah yang mengalir ke dalamnya.

kalau yang jantung ini belum pernah diuji di tubuh manusia, jantung buatan ini telah sukses diuji coba di seekor binatang mamalia besar.

Ini terobosan baru dan harapan baru untuk orang yang bermasalah dengan jantungnya, harganya yang mencapai US$ 192.140 (sekitar 2 milyar Rupiah) akan memberikan penyakit jantung yang baru.


http://kumpulan-artikel-menarik.blogspot.com/2008/11/jantung-buatan-berhasil-dibuat-oleh.html

No comments:

Post a Comment