Tuesday, February 14, 2012

Waspadai Social Network Anda Dari Hacker




Banyak orang kini memiliki Facebook dan Twitter untuk saling berbagi informasi atau juga bisa jadi bisnis. Mungkin anda punya data-data penting di Facebook & Twitter. Namun bagimana kalau foto maupun video pribadi anda di Facebook & Twitter suatu saat bisa saja berpindah tangan bila anda lalai ketika sedang bersosialisasi didunia maya. Seperti berita yang dilansir oleh Trend Micro yaitu sebuah perusahaan antivirus yang melaporkan bahwa Hacker berhasil membobol 10.000 lebih akun Facebook dan parahnya akun-akun tersebut lalu disebarkan ke forum dan situs berbagi file sehingga data Facebook dapat diketahui orang lain.
Untuk itu anda harus waspada dan hati-hati kalau tidak mau kehilangan data disitus jejering sosial Facebook. Mungkin beberapa tips berikut bisa berguna untuk mengamankan akun jejaring sosial yang Anda:


  1. Gunakanlah password yang berbeda untuk setiap akun social media. Agar aman dan mudah di ingat gunakan sofware penyimpan password untuk menyimpan password anda anda
  2. Buatlah password yang unik, tetapi mudah diingat seperti gabungan antara huruf dan angka, contoh: M23cv11j7xd (Jangan mengunakan tangal lahir anda atau angka-anagka yang sangat mudah di tebak Hacker).
  3. Buatlah jawaban yang unik terhadap “pertanyaan keamanan” untuk mengingatkan jika sewaktu-waktu Facebook Anda dicurigai dibuka oleh orang lain. Pertanyaan jangan juga yang sekitar anda yang mudah di tebak buat pertanyaan yang mungkin hanya anda yang mengetahuinya
  4. Lakukanlah sign out ketika selesai membuka laman, terutama saat Anda mengakses jejaring sosial menggunakan jaringan nirkabel atau Wifi di ruang publik.
  5. Hati-hati mengeklik link dari postingan di Wall Facebook atau tweet yang pengirimnya tidak Anda kenal atau yang dicurigai mengandung link yang tidak biasa.
  6. Waspadai ketika kita mengunakan komputer dan laptop publik atau pinjam dengan teman. Karena bisa saja di sana tertanam sofware untuk memata-matai gerak-gerik anda.
  7. Ubahlah link facebook yang http menjadi https. Agar aman untuk menjelajah
Semoga dengan artikel ini anda lebih waspada dengan ancaman Hacker yang kini berkembang dengan pesat, semoga bermanfaat.
Berbagai sumber

1 comment: