Wednesday, November 5, 2014

REVIEW JURNAL


Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus pada Toko Elektronik ABC Surabaya
Karya : Febrian Wahyutama, Febriliyan Samopa dan Hatma Suryotrisongko

Identitas
Jurnal yang direview adalah sebuah Jurnal Teknik Pomits yang ditulis oleh  Febrian Wahyutama, Febriliyan Samopa dan Hatma Suryotrisongko . Jurnal yang berjudul “Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus pada Toko Elektronik ABC Surabaya” ini diterbitkan pada tahun 2013 dengan volume  2, No. 3, (2013) ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print).

Uraian Penelitian

Dalam penulisan jurnal diuraikan komponen pembuatan aplikasi di antaranya, yaitu :
a.       Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai konsep pelapisan konten visual (seperti grafik) di atas pemandangan dunia nyata seperti yang terlihat melalui sebuah kamera. AR mentransformasi perangkat mobile ke dalam sesuatu yang digambarkan sebagai suatu cermin ajaib sehingga akan terjadi interaksi dengan dunia nyata.
b.      Barcode sebagai UPC (Universal Price Code) atau pembaca harga barang secara otomatis. Kode tersebut menggunakan urutan bar vertikal dan spasi untuk mewakili angka dan simbol lainnya. Simbol bar code biasanya terdiri dari lima bagian: zona tenang (quite zone), karakter awal, data karakter, karakter berhenti, dan quite zone lain.
c.       Android sebagai system operasa untuk menjalankan aplikasi.
d.      Eclipse merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang menyediakan tools untuk mengelola aplikasi yang akan di buat.
e.       Dalam pengembangan aplikasi menggunakan JSON yang bertipe Request dan Respone.
f.       Aplikasi ini mengacu pada aplikasi Augmented Reality Based Features In Mobile Multimedia Museum Guides (A. Damala, 2007) dan aplikasi Flow milik Amazon yang telah dibuat sebelumnya. Pada aplikasi yang dikembangkan, A. Damala mencoba untuk mengintegrasikan teknologi Augmented Reality ke dalam aplikasi Mobile Guide yang telah ada sebelumnya. Mobile Guide dapat menyediakan geolocalisation sehingga dapat menyediakan informasi yang tepat dan pada lokasi yang benar. Selain itu mobile guide dapat menyediakan fitur live streaming, bookmark object, ataupun komunikasi dengan sesama pengunjung.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka kesimpulan yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi yang dikembangkan merupakan aplikasi Augmented Reality sederhana dimana hanya menampilkan konten 2D dan bukan merupakan pure AR yang menampilkan konten 3D ataupun animasi-animasi tertentu berdasarkan hasil perancangan aplikasi.
2. Data yang ditampilkan oleh aplikasi berupa data spesifikasi barang, harga barang dan gambar produk dari hasil uji coba aplikasi.
3. Aplikasi GiveMeDetails dapat berjalan di Operating System android yang berbeda dan juga ukuran layar smartphone yang berbeda (tidak termasuk tablet) berdasarkan hasil uji coba aplikasi.
4. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pembacaan barcode yaitu pencahayaan yang cukup, besar Mega Pixel kamera smartphone, jarak antara kamera dengan barcode, posisi barcode dalam scanning area dan kemiringan smartphone, serta ukuran barcode berdasarkan hasil uji coba. Untuk mendapatkan hasil pembacaan barcode yang terbaik adalah apabila berada dalam ruangan yang pencahayaannya cukup, jarak kamera dengan barcode sekitar 12 cm, posisi barcode yang harus berada pada scanning area dan kamera smartphone harus tegak lurus dengan barcode. Selain itu semakin besar Mega Pixel kamera smartphone maka akan semakin mudah juga dalam pembacaan barcode karena gambar yang ditangkap akan memiliki resolusi atau kualitas yang semakin baik.

5. Aplikasi ini dapat diterapkan pada perusahaan untuk membantu promosi mereka apabila perusahaan juga mempunyai kebijakan khusus untuk menyertakan barcode di setiap barang yang ada di gallery serta menambahkan iklan produk pada aplikasi GiveMeDetails.

No comments:

Post a Comment