Saturday, June 13, 2015

Tugas Akhir SoftSkill

Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya.  Namun , softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal.
 Yang dimaksud softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri,  dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.
Kemudian yang dimaksud softskill inter personal adalah kemampuan yg dimanfaatkan untuk diri sendiri dan orang lain. Contohnya,  kita mampu ber hubungan atau ber interaksi dengan orang lain, bekerja sama dengan kelompok lain, dan lain lain.
Selama 8 semester ini softskill yang saya sukai adalah programmer dan database karena  dua keahlian itu adalah satu kesatuan yang kuat untuk membuat suatu program.  Pada tingkat satu saya sudah menyukai 2 kemampuan ini karena pada saat tingkat satu saya sudah di beri tugas untuk mengerjakan program kecil - kecilan oleh dosen saya, mulai dari itu lah saya mulai menekuni kemampuan di bidang bahasa pemrograman dan database. Saya juga menyukai tokoh tokoh yang merubah pandangan dunia yang khususnya di bidang it seperti :
Steve job dengan garasinya dia bisa menciptakan produk sekelas dunia (Aple) dengan mengalahkan beberapa prusahaan raksaksa computer dunia.
Larry elison dengan kemampuan databasenya dia bisa membuat semua perusahaan membutuhkan program DBMSnya (oracle).
Mark Zuckerberg dengan kemampuan bahasa pemrogramannya ia bisa mewujutkan media social yang bisa melewati ruang dan waktu dan mengalahkan jejaring sosial yang saat itu sudah ada (facebook) dan kini ia menjadi anak muda yang sangat kaya raya.
Jeff Bezos perintis Amazon.com itu mencatatkan dirinya bertengger di deretan pengusaha terkaya di dunia. Berkat kerja keras, semangat, kecerdasan, dan ketekunannya membangun usaha, kini Amazon.com menjadi toko online yang mendunia.
Larry Page adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google yang kini sering di pakai kita untuk mencari laman yang kita inginkan.

Tokoh- tokoh di atas sangat menginfirasi saya untuk bekarya dalam bidang IT untuk merubah sudut pandang manusia dengan kekuatan teknologi informasi.  Pada Tingkat 3 saya mengikuti lomba USB yang di selenggarakan oleh pihak Gunadarma dan alhamdulilah program yang saya buat masuk menjadi juara 2 sebagai developer application, hal ini memperkuat saya untuk lebih mengasah hobi saya dengan terus belajar bahasa pemrograman dari berbagai bahasa pemrograman yang ada seperti web, mobile dan desktop.  Adapun beberapa Bahasa pemrograman yang saya pelajari adalah :

Web :
PHP, HTML, CSS, Java Script , JSON, AJAX dan Jquery
Mobile :
Native (Java dan Xml )
Phonegap (Berbasis Web)
Hybrid ( Java, Xml dan Json)
Desktop :
Visual Basic , C++ , Cobol  dan Pascal
Database :
Sqlite, Mysql dan Oracle

Saya juga pernah kerja part time di salah satu perusahaan Developmen App dan konsultan IT dimana jobdesknya saya berada di bagain back end programing. Pengalaman itu menambahkan ilmu saya di bidang pembuatan aplikasi hingga saya mendapatkan projek bersama dosen untuk membuat sistem pengisian kuesioner online. Saya lebih suka di dalam bidang pemrograman Enterprise yang memadupadankan ilmu ekonomi ke dalam program computer dan saya juga ingin keahlian saya bisa membantu orang lain untuk menyelesaikan aktivitas sehari harinya. Untuk itu ada beberapa program yang pernah saya buat sebagai sarana saya untuk menuangkan ide kerasi dan imajinasi saya di dalam dunia IT :

Mobile :
1. Aplikasi pembelajaran Islam dengan asisten robot pintar
2. Aplikasi sistem pakar Ibu hamil dengan metode fuzzy logic (Program Ini menjuarai Lomba USB Universitas Gunadarma )
3. Aplikasi sistem penunjang keputusan saham dengan metode SAW
4. Aplikasi Jakarta Touris
5. Aplikasi tuna runggu dengan Text To Speech
6. Aplikasi Ujian Online simulasi sim
7. Aplikasi hidup sehat
8. Aplikasi pemesanan apartemen (agent)

Web :
1. Kuesioner Online
2. Manajemen Sistem Pemain Catur Indonesia
3. Web 3GL penjualan apartemen
4. Manajemen Sistem Sekolah

Desktop :
1. Simulasi Mini Bank (Visual Basic) .

Setelah lulus kuliah nanti saya ingin bekerja di bidang yang sama dengan jurusan kuliah saya khususnya di dunia pemrograman dan database. Untuk gambaran gaji bidang keahlian saya mengutip dari beberapa sumber sikataran 3 sampai 6 juta untuk kelas junior programmer.  Ini lah beberapa list gaji profesi IT :

1. Sistem Analyst
Seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu analis sistem dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan analis, programer, dan profesi sistem lainnya.
Pada dasarnya seorang System Analyst melakukan hal-hal berikut:
Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan sistem yang akan di gunakan
Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak
Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya
Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji
Mengimplementasikan sistem baru/sistem usulan yang akan digunakan perusahaan
Menyiapkan dokumentasi berkualitas.
Gaji untuk Seorang Analis Sistem di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 6 Juta - 11 juta per bulan (tahun 2010)
-Luar negeri: sekitar $4500 atau sekitar 52 juta rupiah per bulan (tahun 2010).

2. Database Administrator
adalah Orang yang mempunyai kekuasaan sebagai pusat pengontrolan terhadap seluruh sistem baik data maupun program yang mengakses data disebut sebagai database administrator. Suatu organisasi pada umumnya menugaskan seorang administrator database (database administrator=DBA) untuk mengatur database dan aktivitas lainnnya yang berkaitan. Administrator database memiliki enam tanggung jawab utama yaitu:
desain database
implementasi dan operasional database
koordinasi dengan pengguna
backup dan recovery
memantau capaian
keamanan sistem
Gaji untuk Seorang Database Administrator di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 5 juta 15 juta per bulan (tahun 2013)
-Luar negeri: sekitar $70000 atau sekitar 700 juta rupiah per tahun (tahun 2010).

3. Programmer
Programmer adalah individu yang bertugas dalam hal rincian implementasi, pengemasan, dan modifikasi algoritma serta struktur data, dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman, seperti: C++, Visual Basic, Pascal, Perl PHYTON, COBOL, FOTRAN, Delphi, PHP, HTML, JavaScript, java dan lain-lain.
Gaji untuk Seorang Programmer di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 3 juta 10 juta per bulan (tahun 2010)
-Luar negeri: sekitar $3000 atau sekitar 34 juta rupiah per tahun (tahun 2012).

4. Web Designer
adalah orang yang memiliki keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, menggunakan Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging, RSS, dan sebagainya. Dengan berkembangnya spesialisasi dalam desain komunikasi dan bidang teknologi informasi, ada kecenderungan kuat untuk menarik garis yang jelas antara web design khusus untuk halaman web dan pengembangan web secara keseluruhan dari semua layanan berbasis web.
Gaji untuk Seorang Web Designer di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 4 juta 6 juta per bulan .

5. ERP Consultant
Tugas intinya adalah memberi masukan atau saran akan pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu. Tujuannya supaya perusahaan klien lebih efektif dalam melakukan pekerjaan, dengan pengeluaran yang lebih minim. Tak jarang seorang konsultan ERP (Enterprise Resource Planning) juga dituntut untuk memberi solusi pengumpulan dan pencarian data (data warehousing & data mining).
Gaji untuk Seorang ERP Consultant di dalam dan luar negeri:
-Luar Negeri: sekitar 100 ribu dollar 200 ribu atau sekitar 880 juta sampai 1,7 milyar rupiah per kontrak.

6. IT Manager
bertugas mengawasi semua staff di departemen IT, serta memberikan bimbingan, arahan dan pelatihan kepada karyawan junior terutama pada berbagai tugas yang mungkin sulit mereka lakukan. IT manager juga menerapkan sistem keamanan IT dalam organisasi untuk memastikan keamanan data dan sistem IT, mengawasi organisasi sistem WAN, mengawasi pengelolaan dan pemeliharaan stasiun kerja komputer, mengawasi pelatihan staff untuk memastikan mereka mampu menggunakan software dan hardware komputer secara kompeten, memberikan dukungan dalam mengatasi masalah-masalah komputer, mengawasi penyimpanan yang tepat dari semua data perusahaan dan pengarsipan record dan back up, serta menyediakan dukungan teknis kepada karyawan ahli komputer lain dalam organisasi. IT manager berinteraksi dengan klien setiap hari untuk dpat melihat dan memahami masalah IT mereka dan memberikan solusi yang kompeten untuk masalah tersebut. IT manager memastikan sistem berjalan lancar dan efisien dari semua sistem IT dalam organisasi, menjaga informasi karyawan pada perubahan berbagai teknologi yang sedang berlangsung dalam organisasi, berkomunikasi dengan manajemen puncak dalam hal isu-isu terkait IT, serta mengidentifikasi sistem komputer baru dan trend di pasar sehingga status organisasi IT selalu berada pada barisan terdepan. IT manager mengorganisasi dan memimpin rapat tim, menjaga timya termotivasi dan membantu mereka untuk memenuhi tujuan perusahaan, memastikan bahwa persyaratan perizinan standar lokal terpenuhi dan dipenuhi, dan hadir dengan anggaran untuk departemen dan mengimplementasikannya.
Gaji untuk Seorang ERP Consultant di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 15 juta per bulan.

7. Bussiness Development Manager
secara umum mengetahui kebutuhan akan pelanggan, memiliki ketajaman yang diperlukan dalam menopang dan menguntungkan bisnis, serta mempunyai kemampuan luas yang mampu menyerap dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep teknologi.
Gaji untuk Seorang Bussiness Development Manager di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 11 juta per bulan.
-Luar negeri: sekitar 4500 dolar atau sekitar 52 juta rupiah per bulan.

8. Network Enginer
melaksanakan komunikasi dan analisa sistem networking, mendesain perencanaan untuk integrasi, mendukung jaringan pada internet, intranet dan ekstranet, serta menganalisa dan ikut mengambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN dan WAN. Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawabnya adalah maintenance LAN dan koneksi internet, maintenance hardware, maintenance database dan file, help desk, dan inventory.
Gaji untuk Seorang Network Enginer di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 6 juta per bulan.
-Luar negeri: sekitar 3840 dolar atau sekitar 44 juta rupiah per bulan.

9. System Enginer
terbiasa dengan pengembangan software life cycles, memiliki ketrampilan dalam merancang aplikasi, menyiapkan program menurut spesifikasi, dokumentasi / coding, dan pengujian.
Gaji untuk Seorang Network Enginer di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 7 juta per bulan.
-Luar negeri: sekitar 3850 dolar atau sekitar 44 juta rupiah per bulan.

10. Project Manager
memastikan bahwa instalasi sistem yang terdiri dari hardware komputer dan jaringan bersama dengan software sistem dan aplikasi membuat keutuhan sinergis yang memungkinkan bisnis untuk mendapatkan manfaat dari keuntungan yang dijanjikan tersebut. Seringkali terdiri dari tim departemen user, wakil perusahaan departemen IT, komputer dan vendor jaringan, software OS dan vendor database dan vendor aplikasi, IT Project Manager membawa semua sumber daya yang diperlukan bersama-sama untuk komisi sistem baru dalam waktu singkat dan dengan biaya minimal bagi perusahaan.
Gaji untuk Seorang Project Manager di dalam dan luar negeri:
-Dalam Negeri: sekitar 17 juta per bulan.
-Luar negeri: sekitar 8000 dolar atau sekitar 92 juta rupiah per bulan.

Namun tidak menutup kemungkinan juga saya ingin membuat perusahaan IT sendiri yang menciptakan produk untuk membantu aktivitas manusia, maka dari itu mulai dari kemarin saya membuat tiem untuk membuat produk produk aplikasi lainnya sebagai landasan dasar usaha untuk membuat development aplikasi.








1 comment: